Monday, May 21, 2007

another talk

eh.. dah lama ga updet tau2 sekarang blogger dah bisa autosave yah. lumayan deh kalo bener jadinya ga mencak2 lagi kalo lagi seru ngetik2 tau2 komputernya hang atau internetnya bego tetep masi bisa diselametin hehe..

anyway, temen ama gue tersayang yg selama ini deket sama nyokap gue passed away juga hari minggu subuh minggu lalu setelah sempet koma pas sabtu pagi, biarpun pas sabtu malamnya si ama uda normal dan bener2 keliatan seger lagi. nenek2 yg uda dianggep kayak pengganti nyokap ma nyokap gue, yg sering dateng main ke rumah buat ngobrol, ngajak nyokap pergi makan atau jalan2, yg tiap taon pas nyokap b'day pasti dateng sama anaknya buat bawa kue and ngajak nyokap pergi makan ini meninggal di umur 91 taon. perjalanan hidup yg panjang ya.

biarpun kematian sepertinya wajar bagi orang2 yg uda tua tapi tetep aja shocking karena baru beberapa hari sebelumnya kita nengokin dia di rumah sakit dan bener2 keliatan fit kayak biasanya. kata anak2nya si ama ini cuma lemah kurang gizi karena uda tua aja. sering diet karena diabetes katanya. tapi ternyata setelah meninggal baru anak2nya cerita ke kita kalo sebenernya ada kanker yg uda ganas di rahimnya si ama. ajaib, kan di umur segitu? tapi beruntung juga lah karena dia didiagnosa penyakit nyeremin itu di umur yg uda bener2 lanjut, jadi dia sendiri juga mungkin gak ngerasain sakitnya terlalu lama. yg hebatnya, si ama ini udah nyiapin semua kebutuhan untuk funeral dia dari sejak taon 94. dari tanah kuburannya, baju2 yg nantinya akan dipakai saat masuk peti, sampe mutiara2nya. well, sepertinya dengan siap2 seperti itu malah jadi jimat untuk bikin panjang umur ya.

anyway, orang yg meninggal di umur segitu dan hidupnya dalam keadaan serba cukup dengan anak2nya yg uda ngasih cucu bahkan uda punya cicit dibilang beruntung oleh orang2. itu sebabnya di ruang rumah dukanya ada aksen merahnya, bukan cuma putih seperti umumnya. ternyata katanya untuk orang yg meninggal di atas 80 taon (kalo gak salah) dan uda punya cucu, dll bisa dibilang "ho mia". jadi selain sedih ada unsur bahagianya juga katanya.

semoga aja nanti kita juga bisa begitu.

No comments: